Daftar Isi

Monday, March 3, 2014

GELAR



Dua minggu belakangan, banyak undangan mampir ke rumah. Ada yang mengkhitankan anaknya. Beberapa bakal naik pelaminan. Tak hanya bentuk undangan secara fisik, ada pula yang hanya lewat Blackberry Messenger (BBM). Tentu saja diawali dengan permohonan maaf, jika undangan lewat BBM itu dilakukan karena keterbatasan waktu dan tenaga. Sambil tak lupa meminta, undangan gaya baru itu anggap saja seperti undangan dalam bentuk cetak.

Ini bulan baik dan hari baik untuk menikah.Ada ilmu petung, yang menurut khasanah Budaya Jawa,atau dalam segi-segi tertentu menurut kepercayaan agama, bisa mendatangkan barokah jika mengadakan hajatan di bulan ini.Mungkin saja. Walau banyak juga yang sekedar ikut trend,karena aneh rasanya jika mengadakan hajatan di bulan lain.

Sekarang mari kita lihat, apa yang tertulis di dalam undangan. Dulu sempat ada rangkaian kalimat,yang "mendikte" kita untuk tidak memberikan kado. Bunyinya,”Dengan tidak mengurangi rasa hormat,sudilah kiranya bapak/ibu tidak memberikan sumbangan dalam bentuk kado,”.Begitulah kira-kira redaksionalnya. “Petunjuk” ini memang sempat menimbulkan pro dan kontra. Ada sindiran keras, situ yang nikah, kok, kita yang disuruh bayar. Namun berangsur-angsur, belakangan ”titah” itu akhirnya lenyap.

Penyebabnya kira-kira begini. Sekarang orang sudah ogah membawa kado ke arena pernikahan. Sudah berat, membungkusnya juga susah. Belum kalau ke tempat resepsi pernikahan naik motor. Repot bin njlimet. Sebab lain, membawa uang lebih praktis. Atau bagi mereka yang nakal, kondangan hanya bermodal baju batik dan celana hitam pun cukup. Di kotak tinggal masukan amplop tanpa nama, sekaligus tanpa isi. Bukankah sang pengantin tak mungkin protes, meski jatah makanannya sudah berpindah ke perut tamu undangan tak tahu diri itu?

Oke, soal kado sudah selesai masanya. Tapi ada hal menggelitik lain, yang sering membuat saya termenung-menung. Pernah lihat undangan yang nama mempelainya mencantumkan gelar akademis berderet-derat? Ir, SH, MA atau DR. Tak ketinggalan haji.Misal, menikah Fulan,SH,MA dengan Fulani, A.Md,S.Ag.  Pertanyaan saya, ini undangan pernikahan atau kegiatan akademis?Semacam presentasi keilmuan yang digeluti si pengundang? Atau mungkin dengan undangan itu,katakanlah ada pesan, jika yang mengundang adalah seorang intelektualis?

Gelar akademis, juga gelar lain yang non akademis, termasuk haji,ustaz atau kyai, memang masih dipandang sebagai pelengkap sosial untuk menunjuk di kelas mana seseorang berada. Ini pikiran yang secara substantif dipengaruhi budaya feodal. Saya tidak mengatakan bahwa ini salah. Tapi dalam kondisi tertentu, kita sering mencantumkan gelar secara keliru. Istilah orang-orang tua kita; tidak empan mapan.

Betul jika kita telah berjuang keras meraih gelar itu. Habis waktu,pikiran dan dana agar diwisuda. Jual sawah,kebun atau menghabiskan warisan untuk pergi ke tanah suci Mekkah. Tak heran, dikalangan masyarakat  tertentu, suasana egaliter terasa sangat langka, lantaran pengkotak-kotakan akibat gelar. Orang-orang yang tinggal di Pulau Madura misalnya. “Haram” rasanya jika sudah naik haji,tapi sehari-hari tak memakai topi putih.Bahkan untuk kegiatan yang tak terkait dengan momen-momen religi,seperti mencangkul ke sawah. Ada kebanggaan. Ada “rasa” yang beda.

Bahkan jika pun belum cukup modal untuk mewujudkan mimpi naik haji, identitas topi putih lumayan mengundang penghargaan,walau mungkin dibelakang disertai cibiran. Dalam lingkup sosial masyarakat pinggiran, yang  jauh dari akses informasi dan masyarakat yang kurang teredukasi,fenomena semacam ini sudah lumrah. Kondisi ini juga menyangkut gelar akademis, yang menjadi penanda kelas sosial,politik bahkan ekonomi.

Maka ketika tokoh sekaliber Rhoma Irama tertangkap basah memasang baliho dengan gelar “profesor”, saya justru bingung,apa pesan yang ingin disampaikan? Jika ditelisik lebih jauh, gelar ini juga berbuah pertanyaan lanjutan;kapan dan dimana Rhoma pernah menjadi civitas akademica?Minimal,apakah selama ini si raja dangdut pernah menjadi dosen,misal untuk ilmu “sejarah dangdut”?Segenap pertanyaan ini mesti dijawab,karena gelar profesor bersifat khas dan hanya diberikan untuk mereka yang aktif mengajar.

Tentu perlu waktu untuk memberi penyadaran pada masyarakat, jika gelar hanyalah “alat” yang mesti dipakai dalam momen dan kegiatan yang pas. Di luar negeri, terutama di Amerika Serikat,ketika mayoritas masyarakatnya minimal berijasah sarjana,kualitas individu justru lebih kuat jadi referensi untuk “menilai” seberapa “harga” dari orang yang bersangkutan.Jika mengingat ini,kita mungkin sepanjang jalan bakal tertawa terbahak-bahak,lantaran semua baliho caleg yang bertebaran sepertinya “haram” jika tak mencantumkan gelar.

Lepas dari sisi negatif yang ada,kita bisa belajar dari dunia hiburan, entah di Indonesia atau di Amerika. Berapa banyak gelar Doktor,Phd,Ir dan bahkan profesor yang disandang para pesohor, yang digunakan secara proporsional. Misalnya para penyanyi rock. Saat mereka ngerock di panggung, atribut akademisi itu lenyap tak berbekas. Namun ketika mereka mengajar di kampus,atau dalam acara-acara akademis, semua tahu saat curicullum vitai dibacakan, jika mereka adalah jebolan dari universitas bergengsi.Bahkan dengan nilai akademis summa cum laude alias sangat memuaskan. Mestinya beginilah kita bersikap dan bertindak.Tapi kalau tidak setuju, ya monggo saja.Suka-suka saja..


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda!