Daftar Isi

Saturday, October 6, 2012

semua tentang gangnam style

gaya gokil psy
Park Jae Sang atau biasa dikenal dengan nama Psy memang fenomenal. Rapper Korea Selatan ini berbeda dengan pelaku budaya pop Korea lain, yang kerap diidentikan bertubuh langsing dan berwajah tampan hasil karya para dokter bedah. Psy bertubuh gempal dan tidak tinggi. Namun dengan single dan tarian kocak Gangnam Style-nya, Psy telah menyihir publik dunia, untuk sejenak menoleh kiprahnya.

Gelombang tari Gangnam Style mengingatkan fenomena Breakdance, yang mewabah di sekitar 1980-an.  Jika Breakdance muncul sebagai protes kaum miskin Afro-Amerika terhadap kondisi yang menindasnya, Psy dengan Gangnam Style mengejek gaya hidup orang-orang kaya raya Korea Selatan. Psy sendiri berasal dari keluarga berada,meski dirinya mengaku senang di sebut kaum kelas B. Tak heran, Psy memilih untuk berkarir di dunia hiburan, daripada menerima harapan orang tuanya untuk meneruskan bisnis keluarga.

Single K-pop Biasa
Sebetulnya, Gangnam Style hanyalah single K-pop biasa, seperti single-single lain yang dirilis oleh penyanyi Korea Selatan. Lagu ini pertama kali dirilis pada  15 Juli 2012 lalu dan langsung memuncaki tangga lagu Korea Selatan, Gaon Chart. Lirik lagu ini ditulis oleh Psy sendiri. Ia berkolaborasi dengan Yoo Gun Hyung sebagai komposer. Yoo Gun-Hyung  adalah seorang produser terkenal di Korea Selatan dan juga pernah berkolaborasi dengan Psy di masa lalu.

Video musik untuk lagu ini menampilkan Psy sedang menari tarian gaya "menunggang kuda" yang lucu dan muncul di lokasi yang tak terduga di sekitar Gangnam. Tarian inilah yang menyedot perhatian publik, dan menimbulkan gelombang Gangnam Style di seluruh dunia. Memang, mereka yang berdomisili di Korea atau mengenal budaya Korea lebih familiar dengan tempat-tempat yang muncul di video musik Gangnam Style ini. Namun, orang-orang yang kurang akrab dengan budaya ini telah disuguhi sebuah video "segar" ditengah-tengah bertaburannya idola-idola pop remaja Korea.

Saat Gangnam Style dirilis pertama kali, lagu ini hanya diketahui oleh para penggemar K-pop. Para penggemar K-pop kemudian berbagi dan saling menyebarkan di situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Tidak lama kemudian, pengguna internet di luar komunitas K-Pop mulai mengetahui lagu ini. Bahkan, selebritis-selebritis internasional juga ikut-ikutan "mengetweet" tentang Gangnam Style, yang memicu efek bola salju.

Lagu ini akhirnya sukses menjadi hit di seluruh dunia dan media-media internasional mulai memperhatikan. Pada tanggal 4 Agustus 2012, The Los Angeles Times menulis bahwa popularitas Gangnam Style "tak terbendung" dan telah "mengambil alih dunia". Pada minggu terakhir Agustus, majalah Billboard melaporkan bahwa posisi lagu ini naik delapan peringkat dalam tangga lagu Billboard social 50.

Prestasi naik delapan peringkat ini merupakan prestasi pertama yang diraih oleh penyanyi asal Asia. Sejauh ini tercatat hanya sembilan musisi yang pernah menorehkan prestasi tersebut, termasuk Justin Bieber, Lady Gaga dan Adele. Lagu ini juga sukses menangkap perhatian media internasional seperti CBC dan CNN. Mereka menggambarkannya sebagai lagu yang "sangat berbeda dan komedik."

Media internasional lainnya yang mengulas mengenai Gangnam Style ini antara lain The Los Angeles Times dan The Washington Post. Tak pelak, publikasi ini tak hanya melambungkan nama Psy, tapi juga mempopulerkan wilayah Gangnam, yang jadi latar belakang video sang rapper.  Wilayah yang dulu tak pernah disebut orang itu, kini sejajar dengan Beverly Hills di Amerika Serikat.

Tempat Tinggal Kaum Berduit
Distrik Gangnam yang memiliki arti 'sebelah selatan sungai' itu sendiri memiliki luas separuh dari Manhattan, New York, Amerika Serikat. Tercatat sekitar 1 persen penduduk kota Seoul tinggal di distrik ini dan sebagian besar merupakan orang kaya raya. Harga sewa apartemen di wilayah ini saja berkisar US$ 716 ribu per tahun.Uang sebanyak ini rata-rata baru bisa diraup penduduk Korea Selatan dalam waktu 18 tahun. 

Selama ini, aktivitas bisnis dan pusat pemerintahan berpusat di wilayah utara Sungai Han, yang dekat dengan istana dan menjadi tempat tinggal kaum konglomerat Korea. Ketika harga apartemen di wilayah Gangnam meroket di tengah-tengah hiruk pikuk investasi real estate pada awal tahun 2000-an, para pemilik tanah dan spekulan di Gangnam otomatis menjadi kaya hanya dalam semalam. Distrik Gangnam pun beralih menjadi distrik menengah ke atas.


Akibatnya bisa ditebak. Berbagai  butik dan kelab mewah, hingga klinik-klinik operasi plastik mahal mulai bermunculan. Tidak hanya itu, di kawasan ini juga muncul tren pendidikan privat kelas atas. Sebagian besar penduduk kaya di Gangnam menghabiskan biaya pendidikan 4 kali lipat lebih besar daripada pendidikan umum. Fakta jika sebagian besar penduduk distrik Gangnam hidup dalam kemewahan,banyak menimbulkan kecemburuan warga Korea Selatan yang lain.

Psy dan kaum borjuis

Penduduk kelas atas di Gangnam disebut-sebut memonopoli kesempatan mendapat pendidikan dan infrastruktur terbaik.Padahal yang mereka lakukan hanya menghambur-hamburkan uang untuk barang-barang mewah dan pamer kekayaan."Gangnam menginspirasi baik rasa iri maupun rasa tidak suka. Penduduk Gangnam merupakan kaum kelas atas Korsel, namun warga Korsel lainnya melihat mereka sebagai orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri," jelas kritikus musik Korsel, Kim Zakka.

Psy rupanya menangkap kegelisahan ini. Dalam pandangannya, penduduk di Gangnam sudah melupakan tradisi Korea Selatan, yang harus bekerja keras dan mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan cita-citanya. Secara satir tapi menghibur, Psy menyentil kaum kelas atas tersebut. “ (Gaya hidup di Gangnam) Ini tidak adil dan seseorang harus memberitahukannya pada dunia,”kata Psy.


Direspon Seleb Dunia
Gebrakan  Psy bisa dibilang berhasil. Memang respon terbesar lebih pada gaya tarinya yang menghibur. Peran jejaring sosial bahkan membuat Gangnam Style dilirik para selebritis dunia yang pada akhirnya juga turut mendapat perhatian dari para penggemar artis tersebut. Sebagai contoh, pada tanggal 16 Agustus 2012, Nelly Furtado membawakan lagu ini dalam konsernya di Smart Araneta Coliseum di Manila, Filipina.

Artis terkenal lainnya yang juga pernah menuliskan kicauan (tweet) mengenai Gangnam Style ini antara lain; penyanyi Inggris Robbie Williams dan aktor Simon Pegg. Juga penyanyi Josh Groban. Sedangkan  Britney Spears menyatakan ketertarikannya pada koreografi Gangnam Style. Spears mengetweet: "Saya cinta video ini - sangat lucu! Saya mungkin harus mempelajari koreografinya. Adakah yang mau mengajari saya?".

Setelah Gangnam Style beredar, manajer bakat Amerika Serikat, Scooter Braun, orang yang menemukan Justin Bieber di Youtube, menulis di Twitter: "Bagaimana bisa saya tidak mengontrak orang ini (Psy)". Tak lama kemudian, dilaporkan bahwa Psy sedang dalam perjalanan ke Los Angeles untuk bertemu dengan perwakilan dari Justin Bieber dalam rangka mencari peluang untuk bekerjasama.

Aktris dan penyanyi Amerika Serikat, Vanessa Hudgens, juga memposting video Gangnam Style di situs resminya dan menulis: "Saya sangat terobsesi. GANGNAM STYLE!". Penyanyi Katty Perry juga menulis tweet di Twitter: "Tolong! Saya berada di Gangnam-style K-hole."  Popularitas ini membuat Gangnam Style kini sudah meraih lebih dari 262 juta viewers di Youtube dan semakin banyak artis Hollywood yang terkena demam Gangnam Style.

Fenomena Baru
Sebagian besar artis K-Pop rata-rata terkenal di Korea Selatan dan wilayah Asia lainnya. Untuk pasar global mereka seringkali gagal menembus wilayah musik Amerika. Psy menorehkan prestasi itu dan menjadi fenomena tersendiri. Inilah saat termanis dalam karir rapper yang memulai berkiprah sejak 2001 lalu dan pernah didenda US$ 4.500 (Rp 43 juta) karena kedapatan merokok ganja.

Psy melambung ke tingkat popularitas tertinggi.  Siapa sangka ia akhirnya bisa memenuhi harapan Britney Spears untuk mengajari tarian khasnya itu di sebuah acara televisi ternama Amerika? "Saya tidak tampan, tidak tinggi, juga tidak langsing," tutur Psy saat diundang dalam acara televisi Amerika, 'Today', baru-baru ini. "Tapi kini saya duduk di sini," imbuhnya.


Nama panggung Psy berasal dari 3 huruf pertama kata 'Psycho'. Namun dia selalu mengidentikkan dirinya sebagai orang luar yang unik, meskipun sebenarnya dia berasal dari keluarga kaya, yang dibesarkan dan mengenyam pendidikan di kawasan selatan Sungai Han, dekat distrik Gangnam. Menurut penulis kolom Chicago Tribune,Jae-Ha Kim, alasan yang menjadikan Psy mendunia karena penampilannya yang biasa dan tidak banyak dipoles.


Selama ini, musik K-Pop didominasi boyband dan girlband yang rata-rata muda, berwajah tampan dan berpenampilan menarik. Menurut Jae-Ha, sosok-sosok seperti itu justru membuat sebagian besar warga Amerika merasa tersaingi."Orang-orang Amerika merasa lebih nyaman dengan orang-orang Asia yang terlihat seperti Jackie Chan dan Jet Li, yang juga menarik tapi tidak semenarik Brad Pitt atau Keanu Reeves," ujarnya.

Jae Ha menulis, rata-rata orang tertarik dengan lagu Gangnam Style karena videonya yang lucu, seperti pertunjukan aneh dan orang berkata, “'Pria ini lucu juga. Tapi ketika Anda melihat tariannya, Anda akan menyadari bahwa Anda bisa ikut menarikannya dengan mudah. Dia benar-benar bagus,”.


Dengan popularitasnya yang melonjak di Amerika Serikat, jelas Psy akan mudah untuk masuk ke industri musik di benua yang bertaburan bintang terkenal tersebut. Konon Psy kini sudah menandatangani kontrak dengan sebuah agensi di Amerika. Rencana nya Gangnam Style akan dikenalkan pada MTV Video Music Award. Untuk waktu dekat pun Gangnam Style akan dirilis dalam versi Bahasa Inggris dan Py akan berkolaborasi dengan penyanyi terkenal Justin Bieber.  

Selain berhasil menjadi fenomena dunia, video klip Psy juga berhasil tercatat dalam Guiness World Records. Video klip yang kocak itu dinobatkan sebagai video yang paling banyak disukai sepanjang sejarah YouTube. Guinness World Record mencatatnya secara resmi pada 20 September lalu. Hanya dalam waktu 4 bulan sejak diunggah, video tersebut disukai oleh lebih dari 2,5 juta pengguna YouTube.

Sekitar 47% penonton video tersebut berasal dari Amerika Serikat, 7% dari Inggris, 6,8% dari Kanada dan hany 4% yang berasal dari Korea Selatan. Namun toh, tak semua menyukai Gangnam Style. Video klip Psy ini ternyata memperoleh nilai 100 ribu dislike (tidak suka). Kini, penyanyi Korea Selatan ini memiliki alasan baru untuk bangga dengan dirinya karena dapat memecahkan Rekor Dunia Guinness. “Psy, sertifikat Anda menunggu di kantor kami, Anda bisa datang dan mengambilnya kapan saja,” kata Barret, sedikit bercanda. 



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda!