Daftar Isi

Tuesday, August 21, 2012

perempuan-perempuan "penghuni" museum Madame Tussaud

Museum lilin Madame Tussaud kini telah berkembang menjadi sebuah tujuan wisata di London, Inggris. Museum ini telah memiliki cabang di Amsterdam, Las Vegas, New York City, Hongkong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles, dan Washington D.C.Kini, patung-patung lilin Madame Tussaud terdiri atas tokoh-tokoh sejarah, keluarga kerajaan, bintang film, atlet tenar dan tokoh-tokoh kriminal yang tenar.Museum Madame Tussaud saat ini dimiliki oleh sebuah perusahaan wisata bernama Merlin Entertainments setelah mengakuisisi Tussaud Group pada bulan Mei 2007.

Museum ini dirintis oleh Marie Tussaud yang lahir pada 1761 di Strasbourg, Perancis. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk Dr. Phillippe Curtius, seorang dokter yang mahir dalam pembuatan patung lilin. Curtius mendidik Tussaud dalam seni patung lilin.Tussaud membuat patung lilin pertamanya, yaitu patung Francois Marie Arouet de Voltaire, atau yang lebih dikenal dengan nama Voltaire saja di tahun 1777. Tokoh-tokoh terkenal lainnya yang dipatungkannya antara lain Jean Jacques Rousseau dan Benjamin Franklin.

Museum Madame Tussaud pindah ke alamatnya kini di Marylebone Road pada tahun 1884. Di tahun 1925 kebakaran menghancurkan banyak dari patung-patung yang ada, tapi cetakan-cetakan mereka berhasil diselamatkan sehingga patung-patung lilin bersejarah tersebut bisa dibuat lagi. Kini, museum lilin Madame Tussaud telah berkembang menjadi sebuah tujuan wisata di London, berdampingan  dengan London Planetarium di sisi baratnya. Berikut beberapa tokoh perempuan yang menjadi "penghuni" museum Madame Tussaud.

Margaret Thatcher
Margaret Thatcher adalah tokoh politik Inggris yang patung lilinnya mejeng di Museum Madame Tussaud di London.Thatcher adalah wanita pertama yang menjadi perdana menteri Inggris dan PM pertama yang menjabat selama tiga periode berturut-turut. Ia dijuluki “wanita besi” dan memimpin Inggris memenangkan Perang Falkland melawan Argentina serta memainkan peran penting dalam kemenangan kapitalisme sebagai sistem yang tetap bertahan hingga akhir abad ke-20.

Lahir di Grantham Inggris, 13 Oktober 1925 dengan nama Hilda Roberts, terkenal sebagai seorang gadis yang cerdas dan tekun. Bermodal beasiswa ia berhasil masuk ke Oxford University dan meraih dua gelar di bidang kimia dan hukum. Ketertarikannya dalam dunia politik membawanya ke Parlemen Inggris pada usia 34 tahun. Dia membuktikan menjadi legislator terbaik dari Finchley wilayah Utara London dan menempati ranking puncak di Parlemen.

Pada usia 44 tahun ia terpilih menjadi menteri pendidikan pada masa PM Edwarth Heath. Setelah kekalahan Partai Konservatif tahun 1974, setahun berikutnya ia memenangkan persaingan dalam pemilihan pemimpin partai melawan Edwarth Heat. Ketika Partai Konservatif menang pemilu tahun 1979, ia di angkat menjadi perdana menteri Inggris. Thatcher menjadi politisi perempuan Inggris yang dipandang paling sukses, hingga dihormati oleh politisi dunia lainnya.

Aung San Suu Kyi
Patung lilin Aung San Suu Kyi mendiami Museum Madame Tussaud di Bangkok, Thailand, yang juga merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Di dalam museum itu sedikitnya ada 80 sosok tokoh dunia lain seperti Barack Obama, Putri Diana, Albert Einstein, pegolf Tiger Woods, bintang sepak bola David Beckham, dan penyanyi pop terkenal Madonna.

Aung San Suu Kyi adalah seorang aktivitas prodemokrasi dan pemimpin National League for Democracy. Pada 1991, ia menerima penghargaan hadiah Nobel karena berjuang mempromosikan demokrasi di negaranya tanpa menggunakan kekerasan dalam menentang kekuasaan rezim militer. Ia dibebaskan secara resmi oleh junta militer Myanmar pada tanggal 13 November 2010 setelah mendekam sebagai tahanan rumah selama 15 tahun dari 21 tahun masa penahanannya sejak pemilihan umum tahun 1990.

Aung San Suu Kyi dilahirkan pada 19 Juni 1945. Ayahnya, Aung San, merundingkan kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947, dan dibunuh oleh saingannya pada tahun yang sama. Aung San Suu Kyi tumbuh bersama ibunya, Khin Kyi, dan dua saudara laki-laki, Aung San Lin dan Aung San U di Yangon. Aung San Lin tenggelam dalam kolam renang saat Suu Kyi masih berumur delapan tahun. Suu Kyi bersekolah di sekolah Katolik Inggris di Burma, tempat ia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya.

Setelah kematian ayahnya, sang ibu memperoleh kehormatan sebagai tokoh politik dalam pemerintahan Burma yang baru terbentuk. Khin Kyi ditunjuk sebagai duta besar Burma di India pada tahun 1960, dan Aung San Suu Kyi mengikutinya ke sana, dan lulus dari Lady Shri Ram College di New Delhi pada tahun 1964.

Ia melanjutkan pendidikannya di St Hugh's College, Oxford, memperoleh gelar B.A. dalam bidang Filosofi, Politik, dan Ekonomi pada tahun 1989. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikannya di New York, dan bekerja untuk pemerintah Persatuan Myanmar. Pada tahun 1972, Aung San Suu Kyi menikah dengan Dr. Michael Aris, seorang pelajar kebudayaan Tibet. Tahun berikutnya, ia melahirkan anak laki-laki pertamanya, Alexander, di London; dan pada tahun 1977 dia melahirkan anak kedua, Kim, yang belajar di George Washington University dari Januari 1991 sampai Februari 1991.

Angelina Jolie
Selain tokoh politik, bintang Hollywood terkenal Angelina Jolie juga mendapat jatah masuk dalam museum Madame Tussaud. Uniknya, patung lilin Jolie di pajang di museum Tussaud di London, Inggris, saat ia santer sedang dekat dengan Brad Pitt. Para penyelenggara museum memutuskan untuk membuat patung Jolie, setelah Brad Pitt mengaku perkawinannya dengan Jennifer Aniston sedang retak.Hal ini juga didukung oleh beredarnya foto-foto Pitt dan Jolie bersama Maddox di sebuah pantai di Afrika.

Angelina Jolie lahir di Los Angeles, California, 4 Juni 1975. Aktris yang juga berprofesi sebagai model ini dikenal sebagai duta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) urusan perdamaian dunia.Putri pasangan Jon Voight dan Marchelina Bertrand ini memulai karirnya sebagai model di usia 14 tahun di LA, New York dan London. Selang dua tahun berikutnya, ia mencoba aktingnya di teater. Dari teater ia kemudian merambah dunia layar lebar.

Ketenarannya sebagai aktris Hollywood dimanfaatkan dengan baik oleh Jolie untuk kegiatan sosialnya. Kampanye perdamaiannya juga ditunjukkan melalui kegemarannya mengadopsi bayi terlantar dari beberapa negara dunia ketiga, seperti keputusannya untuk mengadopsi Maddox Chivan Jolie-Pitt yang dilahirkan pada 5 Agustus 2001 dan diadopsi pada 19 Januari 2006 (Kamboja) serta Pax Thien Jolie-Pitt yang lahir di Vietnam, 29 November 2003 dan diadosi pada 15 Maret 2007. Dan terakhir bayi yang diadopsi adalah Zahara Marley Jolie-Pitt (Ethiopia) yang dilahirkan pada 8 Januari 2005 dan diadopsi pada 19 Januari 2006. 


Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II tentu saja tidak ketinggalan ikut nampang di Museum Madame Tussaud. Ratu Elizabeth II adalah salah satu kepala monarki yang paling lama berkuasa dalam sejarah Inggris. Pada panggung percaturan dunia, Elizabeth II telah berhasil melewati era perang dingin, jatuhnya komunisme serta masa munculnya "prasangka dan ketakutan" dunia Barat akan kebangkitan Islam.


Untuk pentas dalam negeri masa kekuasaan Elizabeth merentang melewati krisis terusan Suez tahun 1956, melewati krisis pemberontakan Irlandia dengan aksi ledakan bomnya, pola aksi buruh gaya baru yang didobrak dan diinspirasikan oleh kelompok pemusik pembaru The Beatles. Hingga kini, meski umurnya sudah renta, ratu masih penuh energi dan vitalitas setelah melewati gonjang-ganjing  akibat keretakan rumah tangga putra pertamanya selama 20 tahun terakhir berikut dengan segala skandalnya.



Ratu sempat digambarkan sebagai ibu mertua yang “tega” karena tak meneteskan satu butir air matapun saat kematian menantunya Putri Diana pada tahun 1997. Perubahan citranya dalam tahun-tahun setelah 1997 adalah hasil dari kerja keras pihak publikasi dan humas istana yang banyak membantu menumbuhkan simpati masyarakat mulai sejak kematian adiknya, Putri Margaret dan ibundanya (Ibu Suri) pada tahun 2002, yang bersamaan dengan perayaan tahun emas ia naik tahta.



Ratu Beatrix
Selain ratu kerajaan Inggris, Ratu Belanda Beatrix  juga tak luput dari pembuatan patung lilinnya di Museum Madame Tussaud. Museum ini terletak di Centrum Amsterdam, tidak jauh dari Amsterdam Central Station (stasiun kereta api).

Beatrix lahir di Baarn, Belanda, 31 Januari 1938. Ia adalah putri pertama dari Ratu Juliana dari Belanda dan Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld. Pada tahun 1966, ia menikah dengan Claus von Amsberg dan memiliki tiga anak: Pangeran Willem-Alexander (lahir 1967), Pangeran Friso (lahir 1968), dan Pangeran Constantijn (lahir 1969). Ketika Ratu Juliana turun tahta pada tanggal 30 April 1980, Beatrix menggantikannya sebagai Ratu Belanda. Pada 6 Oktober 2002, suaminya meninggal.

Kareena Kapoor
Bintang Bollywood, Kareena Kapoor ikut dipajang patung lilinya di museum Madame Tussaud, London. Sebelumnya, rencana ini sempat tertunda karena perseteruan yang terjadi antara manajemen Kareena dan perusahaan yang menangani pembuatan patung lilin ini. Setelah konflik berjalan selama beberapa bulan, manajemen Kareena akhirnya setuju untuk melanjutkan proyek ini.

Kareena dalam format patung lilin ditampilkan selama tiga bulan. Setelah ditampilkan secara premier di London, patung Kareena kemudian “berkeliling” Asia, Eropa, dan Amerika. Beberapa kota yang ikut menikmati kemolekan patung Kareena ialah Bangkok, Hong Kong, Hollywood, Las Vegas, Washington DC, Berlin, Amsterdam, dan Vienna.

Kareena merupakan selebritis India ketujuh yang mengisi museum Madame Tussauds London. Sebelumnya, sejumlah nama turut diabadikan dalam bentuk patung lilin, seperti Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, Aishwarya Rai, Hrithik Roshan, dan pemain kriket Sachin Tendulkar.

Oprah Winfrey
Mundurnya Oprah dari acara talkwhow Oprah Winfrey show, membuat  Museum Lilin Madame Tussaud di Las Vegas, Amerika Serikat meluncurkan patung lilinnya. Episode terakhir itu hanya menghadirkan tayangan episode Oprah sebelumnya, sambil membahas pelajaran hidup yang telah didapat dari episode tersebut.


Patung dibuat sama persis ketika Oprah membawakan acaranya, lengkap dengan mikropon dan kursi talk show, sehingga pengunjung yang hadir bisa berpura-pura sedang diwawancara Oprah. Patung lilin itu diletakkan di ruangan "Spirit of America" bersama patung lilin icon Amerika lainnya, seperti John F Kennedy, Martin Luther King maupun Marlyn Monroe. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda!